Jumat, 06 November 2015

Artikel Biologi 2



Pemanfaatan Mikroorganisme Dalam Bioteknologi
Manfaat Yang Tersembunyi di Balik Asinan

Asinan sayuran merupakan sayuran yang diawetkan dengan jalan fermentasi asam. Bakteri yang digunakan adalah Lactobacillus sp, Streptococcus sp, dan Pediococcus. Mikroorganisme tersebut mengubah zat gula yang terdapat dalam sayuran menjadi asam laktat. Asam laktat yang terbentuk dapat membatasi pertumbuhan mikroorganisme lain dan memberikan rasa khas pada sayuran yang difermentasi atau sering dikenal dengan nama “acar”. Pada umumnya, pembuatan acar dilakukan secara terbuka sehingga memungkinkan bakteri aerob mengubah rasa menjadi masam.
Asinan yang terdiri dari sayur-sayuran mentah mampu menangkal penyakit seperti kanker dan hipertensi. Asinan juga mampu membuat anda menjadi lebih awet mudah serta bebas dari penyakit osteoporosis. Asinan memang merupakan hidangan sehat yang kaya akan antimikroba serta antioksidan yang kuat. Antimikroba sendiri berasal dari cuka dan cabai yang dicampur didalam asinan. Dan untuk antioksidan berasal dari likopen yang terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna merah.
Setiap warna pada  sayur membawa khasiat berbeda-beda. Bila dikombinasikan menjadi satu olahan, tentu makanan tersebut akan memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa. Sayur hijau merupakan sumber klorofil yang sangat baik. Khasiat klorofil di antaranya sebagai pembersih dalam tubuh, pembentuk sel darah, pengatur keseimbangan asam-basa tubuh, peningkat daya tahan, serta sebagai pengganti sel yang rusak. Saat ini klorofil tersedia dalam bentuk ekstrak dan banyak dijual sebagai suplemen untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang, anemia, dan konstipasi.
Sayur berwarna jingga merupakan sumber karoten yang sangat baik. Menurut peneliti di National Cancer Institute, selain baik untuk mata, makanan yang kaya betakaroten juga baik untuk pencegahan penyakit kanker. Betakaroten mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang berperan penting untuk menstabilkan radikal berinti karbon, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker. 
       Manfaat lainnya dari mengkonsumsi asinan, yaitu pembersih di dalam tubuh kita, pengatur keseimbangan asam basa tubuh, membantu pembentukan sel darah, peningkatan daya tahan tubuh, dan membantu mengembalikan sel yang telah rusak. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya klorofil yang terkandung pada sayuran hijau. Untuk warna kuning yang terdapat pada buah dan sayur memiliki kandungan kalium yang mampu mengendalikan tekanan darah dan membersihkan karbondioksida yang berada di dalam darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar