Jumat, 06 November 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Multimedia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    Identitas
Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 Cirebon
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/Program/Semester         : XI IPA/1
Materi                                     : Sistem Peredaran Darah
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi
3.                  Menjelaskan komponen dan fungsi darah di dalam tubuh manusia dan hewan.
Kompetensi Dasar
3.2              Menjelaskan komponen, fungsi dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
Indikator Pencapaian
3.2.1         Menjelaskan stuktur komponen penyusun darah dan                                                 proses pembekuan darah.
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu menjelaskan komponen penyusun darah berupa plasma darah beserta fungsinya.
2.      Siswa mampu menjelaskan komponen-komponen sel darah beserta fungsinya.
3.      Siswa mampu menjelaskan proses pembekuan darah.

C.    Materi Pembelajaran
5331479_20140422025932.jpgDarah
Komponen darah yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Sel darah terdiri atas Eritrosit (sel darah merah), Leukosit (sel darah putih), dan Trombosit (keping darah).


Fungsi Darah
1.      Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah.
2.      Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal.
3.      Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
4.      Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5.      Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih.
6.      Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah.
7.      Menjaga kestabilan suhu tubuh.
Komponen Darah
1.      Plasma Darah
Plasma darah pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung : albumin, bahan pembeku darah(fibrinogen), immunoglobin (antibodi), hormon, berbagai jenis protein, dan berbagai jenis garam.
2.      Sel darah merah atau eritrosit (sekitar 99%).
Eritrosit tidak mempunyai nukleus sel ataupun organela, dan tidak dianggap sebagai sel dari segi biologi. Eritrosit mengandung hemoglobin dan mengedarkan oksigen. Sel darah merah juga berperan dalam penentuan golongan darah. Orang yang kekurangan eritrosit menderita penyakit anemia.
3.      Keping-keping darah atau trombosit (0,6 - 1,0%)
Trombosit bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.
4.      Sel darah putih atau leukosit (0,2%)
Leukosit bertanggung jawab terhadap sistem imun tubuh dan bertugas untuk memusnahkan benda-benda yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, misal virus atau bakteri. Leukosit bersifat amuboid atau tidak memiliki bentuk yang tetap. Orang yang kelebihan leukosit menderita penyakit leukimia, sedangkan orang yang kekurangan leukosit menderita penyakit leukopenia.

Proses Pembekuan Darah
1.      Kulit terluka menyebabkan darah keluar dari pembuluh. Trombosit ikut keluar juga bersama darah kemudian menyentuh permukaan-permukaan kasar dan menyebabkan trombosit pecah. Trombosit akan mengeluarkan zat (enzim) yang disebut trombokinase.
2.      Trombokinase akan masuk ke dalam plasma darah dan akan mengubah protrombin menjadi enzim aktif yang disebut trombin. Perubahan tersebut dipengaruhi ion kalsium (Ca²+) di dalam plasma darah. Protrombin adalah senyawa protein yang larut dalam darah yang mengandung globulin. Zat ini merupakan enzim yang belum aktif yang dibentuk oleh hati. Pembentukannya dibantu oleh vitamin K.
3.      Trombin yang terbentuk akan mengubah firbrinogen menjadi benangbenang fibrin. Terbentuknya benang-benang fibrin menyebabkan luka akan tertutup sehingga darah tidak mengalir keluar lagi. Fibrinogen adalah sejenis protein yang larut dalam darah.

D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Model             : Multimedia Learning
Metode           : Ceramah dan Diskusi

E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
1.      Kegiatan Awal
-          Orientasi: guru menceritakan tentang pengalaman terluka. Serta guru menyampaikan pengertian sistem sirkulasi.
-          Apersepsi: guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang peredaran darah yang mengarahkan siswa untuk mengetahui tujuan dari mempelajari sistem sirkulasi.
-          Motivasi: guru memotivasi siswa dengan cara menayangkan video sistem sirkulasi darah.
10 menit
2
Kegiatan Inti
-          Eksplorasi: Dari video komponen darah yang ditayangkan, guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang komponen darah. Selanjutnya guru melengkapi jawaban dari siswa.
-          Elaborasi: Guru menyajikan materi dengan MS. Powerpoint mengenai macam-macam komponen penyusun darah. Guru selanjutnya menunjukkan video komponen penyusun darah seperti plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Siswa diarahkan untuk mencermati video macam-macam dan bagian-bagian dari masing-masing komponen penyusun darah. guru menunjuk siswa secara bergantian untuk menyebutkan dan mendeskripsikan struktur dan fungsi dari masing-masing komponen penyusun darah. Guru menunjukkan skema dari MS. Powerpoint mengenai pembekuan darah dan meminta salah satu siswa untuk menjelaskan proses pembekuan darah.
-          Konfirmasi: Dari alasan dan jawaban yang siswa berikan, guru memulai menanamkan konsep mengenai struktur dan fungsi masing-masing komponen penyusun darah dan proses pembekuan darah.
65 menit
3
Kegiatan Penutup
-          Siswa diminta untuk menarik kesimpulan dari keseluruhan materi yang telah dipelajari dan dibahas bersama.
-          Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan siswa diminta untuk mempersiapkan diri untuk pembelajaran selanjutnya.
-          Guru memberikan tugas untuk mengerjakan Evaluasi Bab 5 pada buku Esis halaman 141-144.
15 menit

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                               : PPT, Video Sistem Peredaran Darah
2.      Alat                                   : Infokus, Komputer
3.      Sumber Belajar                 : Buku paket Esis Biologi Jilid 1, Video, Buku lain yang
relevan, LKS
G.    Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
Teknik
Bentuk
Waktu Penilaian
1
Kognitif
·    Non test
·   Pilihan ganda
Contoh:
Terlampir
·   Tes lisan
·   Uraian bebas
2
Afektif
·   Diskusi

·   Keberanian berpendapat


3
Psikomotorik
·   Pembuatan komik sistem peredaran darah





Pedoman penilaian        : Nilai maksimal = 100
                                        Nilai siswa =  X 10 =

Skor penilaian dan rubrik
No
Uraian
Skor
1
Makna dan tata bahasa benar
4
2
Makna benar dan tata bahasa kurang tepat
3
3
Makna dan tata bahasa kurang tepat
2
4
Makna dan tata bahasa salah
1
5
Tidak menjawab
0





Cirebon, ... November 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah  SMAN 1 Cirebon                                           Guru Mata Pelajaran




..............................                                                                     ..............................
NIP.                                                                                           NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar