RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama
Sekolah :
SMA Negeri 1 Cirebon
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Program/Semester : XI IPA/1
Materi :
Sistem Peredaran Darah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
3.
Menjelaskan
komponen dan fungsi darah di dalam
tubuh manusia dan hewan.
Kompetensi
Dasar
3.2
Menjelaskan
komponen, fungsi dan proses serta kelainan/ penyakit yang
dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
Indikator
Pencapaian
3.2.1
Menjelaskan
stuktur komponen penyusun darah dan proses
pembekuan darah.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan komponen
penyusun darah berupa plasma darah beserta fungsinya.
2. Siswa mampu menjelaskan
komponen-komponen sel darah beserta fungsinya.
3. Siswa mampu menjelaskan proses
pembekuan darah.
C. Materi Pembelajaran
Darah
Komponen darah yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Sel
darah terdiri atas Eritrosit (sel darah merah), Leukosit (sel darah putih), dan
Trombosit (keping darah).
Fungsi
Darah
1. Mengedarkan sari makanan ke seluruh
tubuh yang dilakukan oleh plasma darah.
2. Mengangkut sisa oksidasi dari sel
tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon
dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal.
3. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan
oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.
4. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh
yang dilakukan oleh sel-sel darah merah
5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam
tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih.
6. Menutup luka yang dilakuakn oleh
keping-keping darah.
7. Menjaga kestabilan suhu tubuh.
Komponen
Darah
1. Plasma Darah
Plasma darah pada
dasarnya adalah larutan air yang mengandung : albumin,
bahan pembeku darah(fibrinogen), immunoglobin (antibodi), hormon,
berbagai jenis protein, dan berbagai jenis garam.
2. Sel darah
merah atau eritrosit (sekitar 99%).
Eritrosit
tidak mempunyai nukleus sel ataupun organela, dan tidak
dianggap sebagai sel dari segi biologi. Eritrosit mengandung
hemoglobin dan mengedarkan oksigen. Sel darah merah juga berperan dalam
penentuan golongan darah. Orang yang kekurangan eritrosit
menderita penyakit anemia.
3. Keping-keping darah atau trombosit (0,6
- 1,0%)
Trombosit
bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.
4. Sel darah
putih atau leukosit (0,2%)
Leukosit bertanggung jawab
terhadap sistem imun tubuh dan bertugas untuk
memusnahkan benda-benda yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, misal
virus atau bakteri. Leukosit bersifat amuboid atau tidak memiliki bentuk yang
tetap. Orang yang kelebihan leukosit menderita penyakit leukimia,
sedangkan orang yang kekurangan leukosit menderita penyakit leukopenia.
Proses Pembekuan Darah
1. Kulit terluka menyebabkan darah
keluar dari pembuluh. Trombosit ikut keluar juga bersama darah kemudian
menyentuh permukaan-permukaan kasar dan menyebabkan trombosit pecah. Trombosit
akan mengeluarkan zat (enzim) yang disebut trombokinase.
2. Trombokinase akan masuk ke dalam plasma darah
dan akan mengubah protrombin menjadi enzim aktif yang disebut trombin.
Perubahan tersebut dipengaruhi ion kalsium (Ca²+) di dalam plasma darah.
Protrombin adalah senyawa protein yang larut dalam darah yang mengandung
globulin. Zat ini merupakan enzim yang belum aktif yang dibentuk oleh hati.
Pembentukannya dibantu oleh vitamin K.
3. Trombin yang terbentuk akan
mengubah firbrinogen menjadi benangbenang fibrin. Terbentuknya
benang-benang fibrin menyebabkan luka akan tertutup sehingga darah tidak
mengalir keluar lagi. Fibrinogen adalah sejenis protein yang larut dalam darah.
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Multimedia
Learning
Metode : Ceramah dan Diskusi
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
1.
Kegiatan
Awal
-
Orientasi:
guru menceritakan tentang pengalaman terluka. Serta guru menyampaikan
pengertian sistem sirkulasi.
-
Apersepsi:
guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang
peredaran darah yang mengarahkan siswa untuk mengetahui tujuan dari
mempelajari sistem sirkulasi.
-
Motivasi:
guru memotivasi siswa dengan cara menayangkan video sistem sirkulasi darah.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
Inti
-
Eksplorasi:
Dari video
komponen darah yang ditayangkan, guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang komponen
darah. Selanjutnya guru melengkapi jawaban dari siswa.
-
Elaborasi:
Guru menyajikan materi dengan MS. Powerpoint mengenai macam-macam komponen penyusun
darah. Guru selanjutnya menunjukkan video komponen penyusun darah seperti plasma darah, sel darah
merah, sel darah putih, dan keping darah. Siswa diarahkan untuk mencermati video macam-macam dan bagian-bagian
dari masing-masing komponen penyusun darah. guru menunjuk siswa secara
bergantian untuk menyebutkan dan mendeskripsikan struktur dan fungsi dari
masing-masing komponen penyusun darah. Guru menunjukkan skema dari MS.
Powerpoint mengenai pembekuan
darah dan meminta salah satu siswa untuk menjelaskan proses pembekuan darah.
-
Konfirmasi:
Dari alasan dan jawaban yang siswa berikan, guru memulai menanamkan konsep
mengenai struktur dan fungsi masing-masing komponen penyusun darah dan proses
pembekuan darah.
|
65 menit
|
3
|
Kegiatan
Penutup
-
Siswa
diminta untuk menarik kesimpulan dari keseluruhan materi yang telah dipelajari
dan dibahas bersama.
-
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan siswa
diminta untuk mempersiapkan diri untuk pembelajaran selanjutnya.
-
Guru
memberikan tugas untuk mengerjakan Evaluasi Bab 5 pada buku Esis halaman 141-144.
|
15 menit
|
F. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media :
PPT, Video Sistem Peredaran Darah
2.
Alat : Infokus,
Komputer
3.
Sumber Belajar :
Buku
paket Esis Biologi Jilid 1, Video,
Buku lain yang
relevan, LKS
G. Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Waktu Penilaian
|
||
1
|
Kognitif
|
·
Non
test
|
·
Pilihan
ganda
|
Contoh:
Terlampir
|
·
Tes
lisan
|
·
Uraian
bebas
|
|||
2
|
Afektif
|
·
Diskusi
|
|
|
·
Keberanian
berpendapat
|
|
|||
|
||||
3
|
Psikomotorik
|
·
Pembuatan
komik sistem peredaran darah
|
|
|
|
Pedoman
penilaian : Nilai maksimal = 100
Nilai siswa = X 10 =
Skor
penilaian dan rubrik
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Makna dan tata bahasa benar
|
4
|
2
|
Makna benar dan tata bahasa kurang tepat
|
3
|
3
|
Makna dan tata bahasa kurang tepat
|
2
|
4
|
Makna dan tata bahasa salah
|
1
|
5
|
Tidak menjawab
|
0
|
Cirebon, ... November 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMAN 1 Cirebon Guru Mata Pelajaran
.............................. ..............................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar